Jumat, November 30, 2007

ILMIAH

TENTANG KALSIUM

Orang dewasa membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap hari. anak-anak dibawah itu. Wanita hamil dan menyusui perlu 1500 miligram. Kebutuhan kalsium dipengaruhi oleh oleh total nutrisi, unsur Zn(seng), magnesium (Mg), Chromium (Chr), Manganese (Mn), molybdenium (Mo). Itu semua diperoleh dari dari menu harian, termasuk yg kaya kalsium. Kenyataannya hanya sekitar duaperlima orang amerika yg kecukupan kalsium.(William Strain).
Fungsi kalsium bukan hanya untuk membangun dan memelihara keutuhan tulang-belulang dan gigi. Ia juga diperlukan oleh jantung, saraf, otot, pada pemakaian zat besi, dan pembuatan enzim. Maka kekurangan kalsium dapat muncul pula keluhan pada organ-organ tersebut, termasuk gangguan haid, susah tidur, kesemutan, dan gangguan sendi.
Kalsium berada dalam keseimbangan gn fosfor (P). Susu meningkatkan rasio kalsium:fosfor. Kalsium menurun bila fosfor meningkat. Fosfor meningkat dapat oleh konsumsi minuman ringan (soft drink).
Kalsium dan magnesium (Mg) amat berperan untuk otot jantung. Tetapi, memilih makanan yg kaya kalsium saja belum cukup bila penyerapan kalsium tidak penuh. Tidak semua kalsium yg dikonsumsi diserap oleh tubuh. Hanya sebagian saja yg diserap oleh usus. Kalsium susu paling banyak diserap. Dan, penyerapan kalsium ditentukan juga oleh peran vitamin C, vitamin D, protein, oxalat(sayur-mayur), phytic acid (asam fitat), asam amino lysine, dan apakah tubuh cukup bergerak (beraktifitas) agar terjadi kompresi pada tulang panjang.
Selain itu pengeluaran kalsium tubuh meningkat bila konsumsi protein meningkat lebih dari 95 gram protein sehari. Latihan fisik yg meningkat, pengeluaran kalsium menurun. Banyak berbaring, kehilangan kalsium tubuh akan meningkat. (Sumber: Sehat itu Indah, Dr.Handrawan Nadesul, 2007)

Tidak ada komentar: